Selasa, 25 Desember 2012

Sihir Menyulap Sampah Jadi Tanaman


Teknik pengolahan sampah yang baik dan benar perlu dijadikan sebagai pusat perhatian bagi kita sebagai generasi muda saat ini. Sebelum mengolah sampah, kita perlu melakukan pemisahan terlebih dahulu agar proses pengolahan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Berdasarkan jenisnya, sampah dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari mahkluk hidup dan dapat terurai kembali ke alam secara sempurna. Sampah organik yang terurai dapat berubah menjadi pupuk kompos yang merupakan pupuk alami terbaik bagi tanaman.

Sekolah Regina Pacis sendiri telah mempraktekan   pengolahan sampah organik tersebut. Pengolahan sampah organik yang berupa daun-daunan kering ini telah dilakukan sejak tahun 1997. Pengolahan sampah organik ini dilaksanakan oleh beberapa karyawan setia Regina Pacis, seperti Bapak Rukhiyat, Bapak Usma, Bapak Parjianto, dan Bapak Dodot.


Secara berkala, mereka menggali sebuah lubang di halaman belakang SMP untuk diisi dengan sampah-sampah organik. Setelah penuh, lubang ini ditutup kembali dengan tanah. Sampah-sampah organik yang telah tertimbun itu pun didiamkan selama kurang lebih 3 - 6 bulan lamanya. Setelah sampah organik tersebut terurai sempurna, lubang tersebut kembali digali untuk diambil pupuk komposnya. Pupuk ini pun dipindahkan ke dalam polybag-polybag yang telah disediakan oleh sekolah untuk kemudian digunakan sebagai peyubur tanah tempat tanaman hijau sekolah tumbuh dengan suburnya.

"Dengan begini, sekolah tidak perlu lagi membeli pupuk untuk menyuburkan tanaman - tanamannya." ujar Bapak Usma saat diwawancarai Kamis (13/12) lalu.

Ternyata, selain dapat mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan sekolah Regina Pacis, pengolahan sampah organik menjadi pupuk ini, juga dapat memberikan keuntungan lainnya, yaitu pupuk kompos gratis untuk sekolah. Semoga pengelolaan sampah ini dapat terus berlanjut dan berkembang di SMA Regina Pacis!

0 komentar:

Posting Komentar