Selasa, 25 Desember 2012

Sekolah Peduli Sampah Lewat “Go Green”


Siswa - siswi SMA Regina Pacis Jakarta turut ambil bagian dalam hal peduli akan sampah.  Dengan program OSIS yang bernama Go Green, siswa-siswi diajak untuk memunguti sampah yang ada di lingkungan sekolah Regina Pacis.
Kegiatan yang rutin diadakan sebanyak satu kali untuk tiap semesternya ini merupakan program sekolah yang dicanangkan oleh OSIS dari seksi bidang keamanan dan lingkungan hidup. Program ini diadakan dengan tujuan untuk membersihkan lingkungan sekolah dari sampah, menyadarkan para siswa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, juga membantu meringankan pekerjaan para pegawai kebersihan yang setiap harinya bertugas membersihkan lingkungan sekolah.
        Banyak pelajar SMA yang antusias dalam mengikuti program ‘Go Green’ ini. Ada yang antusias karena kegiatan ini dapat membuat lingkungan sekolah menjadi lebih asri dan bebas dari sampah, dan ada pula yang senang karena jam pelajaran mereka berkurang untuk hari itu. Ya, acara ini memang dilaksanakan di pagi hari dengan mengambil waktu jam pelajaran pertama pada hari itu.

Guru dan para siswa saling membantu untuk membersihkan lingkungan sekolah

Masing-masing kelas akan membersihkan lingkungan sekolah berdasarkan daerah - daerah yang telah dibagi oleh OSIS. Lingkungan sekolah yang dibersihkan dalam acara Go Green ini dimulai dari jalan masuk Recis, yaitu di depan mini market Alfamart, jalan di sekitar gedung SD, tempat parkir yang ada di depan kantin, jalan di samping lapangan SMP dan SMA, lapangan rumput SMA dan SMP, jalan di sekitar gedung putih, hingga kapel yang ada di belakang sekolah.
Untuk kegiatan ini, sekolah telah menyediakan kantong plastik hitam untuk menampung sampah yang telah dikumpulkan dan juga sarung tangan bagi semua siswa SMA Regina Pacis. Sedangkan untuk peralatan kebersihan seperti sapu lidi dan pengki, masing - masing kelas dapat membawanya sendiri dari rumah untuk mempermudah proses pembersihan lingkungan ini.
Selama kegiatan Go Green ini dilangsungkan di SMA Regina Pacis, ternyata masih banyak sampah-sampah non organik yang ditemukan oleh para siswa. Hal ini menunjukkan bahwa warga sekolah Regina Pacis masih kurang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Padahal tempat sampah sudah disediakan dimana-mana, namun tetap saja ada orang yang mau membuang sampah tidak pada tempatnya. Dengan adanya acara ini, OSIS berharap agar semakin lama waktu berlalu, semoga para warga sekolah Regina Pacis dapat lebih peduli pada lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar