Selasa, 25 Desember 2012

Kekelaman Dunia Sekejap Lenyap Karena Sampah

     Sampah merupakan barang yang sudah pernah dipakai dan dibuang karena dianggap tidak bisa digunakan lagi. Setiap harinya, rakyat Jakarta memproduksi sampah dengan ukuran sebesar Candi Borobudur. Entah apa yang bisa dilakukan dengan sampah sebanyak itu. Yang jelas ini merupakan suatu masalah besar bagi kota Jakarta yang harus segera diatasi.
Banyak orang mengira bahwa sampah organik sajalah dapat diatasi, sedangkan sampah non organik hanya dapat bertumpuk hingga ratusan tahun. Pendapat itu memang ada benarnya, namun tak pernahkah kita sadari bahwa sampah non organik itu dapat menuntun kita menjadi seorang miliarder?
Memang terdengar tidak mungkin, namun nyatanya, banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sampah, terutama dengan sampah non organik seperti plastik ataupun botol bekas. Mulai dari aksesoris wanita hingga perangkat dekorasi, semuanya bisa dibuat dari sampah.
Kini, banyak orang beralih profesi menjadi pengusaha daur ulang dan telah  berhasil mengolah sampah menjadi barang -barang bernilai jual tinggi. Bahkan ada yang sampai laku terjual dengan harga jutaan rupiah.
    Untuk modalnya pun kita tidak memerlukan banyak uang. Modalnya hanyalah sampah dan berbagai pernak-pernik cantik sebagai hiasannya. Yang paling penting tetaplah kreatifitas diri kita sendiri. Tidak percaya? Kalau begitu, coba saja membuat hiasan dekorasi milikmu sendiri dengan mengikuti tips-tips yang telah kami berikan di rubrik tips.



  Banyak para ibu-ibu rumah tangga yang telah sukses menjadi miliarder hanya dengan bermodalkan sampah. Mereka bisa menghasilkan ribuan barang berkualitas yang mampu bersaing di toko - toko lokal maupun internasional. Dengan membuat  pot alami pun kita juga bisa menjadi seorang miliarder.
         Untuk membuat pot alami, kita bisa memanfaatkan berbagai macam sampah seperti sabut kelapa bahkan serbuk gergaji yang biasanya dibuang begitu saja oleh pemiliknya. Dengan beberapa keunggulan, seperti dapat menyatu dengan tanah dan memiliki zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan, pot alami ini dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi dan menghasilkan banyak uang.
          Hal seperti itu pun telah kami coba di SMA Regina Pacis Jakarta dalam pelajaran mulok yang diajarkan bagi siswa-siswi di jurusan IPA. Dalam pelajaran itu, para siswa diajarkan untuk mampu berkreasi dan menghasilkan pot alami berharga mahal  dengan bahan dasar yang semurah mungkin.
          Selain untuk mencari keuntungan, kita juga bisa membantu sesama dengan memanfaatkan sampah. Kita bisa mengajari anak-anak jalanan dan orang-orang di tempat penampungan untuk berkarya dengan sampah. Siapa tahu dengan bekal keterampilan mengolah sampah yang telah kita berikan, mereka dapat menjadi wiraswasta di masa yang akan datang dan mampu untuk menolong teman-temannya yang kurang beruntung.
Tak hanya itu, sampah pun memiliki keajaiban lain yang dapat mengubah dunia menjadi lebih indah. Tak hanya mengubah hidup orang dewasa, tapi juga hidup anak-anak. Dua orang murid SMP yang bernama Masayu Amira dan Maria Jacklyn ialah buktinya.
Berawal dari kunjungan yang mereka lakukan ke sebuah pabrik tempat memproduksi tas dari barang bekas, akhirnya mereka pun tertarik dan memutuskan untuk memulai bisnis dari sampah non organik. Dengan dukungan penuh dari ayah mereka, akhirnya usaha ini pun terwujud. Mereka memulai profesi sebagai pengusaha barang daur ulang sejak di bangku SMP.
Awalnya, tidak banyak orang yang bisa menghargai karya mereka. Ada pula orang yang bertanya mengapa mereka menjual sampah seperti itu.
Namun, beranjak dari kritik tersebut, mereka justru semakin terpacu untuk  mengembangkan usaha mereka. Lama kelamaan usaha mereka pun dapat berkembang dan semakin diakui oleh banyak orang. Bahkan, pada pameran Kidspreneur 2012 lalu, mereka pun turut serta membuka booth dan menjual produk-produk daur ulang yang telah mereka produksi.
Nah, sekarang sudah tahu kan betapa mudahnya mendaur ulang dan menjadi miliarder hanya dengan memanfaatkan sampah ?  Bukan hanya orang tua yang bisa melakukannya, murid SMP pun bisa sukses dari sampah. Kita juga bisa mencobanya! Asalkan mau bekerja keras dan berpikir kreatif, kita pasti bisa sukses seperti mereka ! Selamat berkreasi!

1 komentar:

  1. iya sob, sampah juga bisa menghasilkan dan menjadi bisnis yang menjanjikan...

    http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-migren/

    BalasHapus