Sabtu, 12 Januari 2013

Tips Seru Olah Sampah

Hey, guys!


Kalian tentunya tahu dong, ‘teman’ sehari-hari kita yang sering dianggap tidak berguna dan makan tempat kalau tidak buru-buru dibuang itu? Yup! Ia adalah sampah. Semua barang yang kita anggap sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi dapat dikatakan sebagai sampah. Mulai dari kertas ulangan, koran lama, majalah bekas, botol plastik, styrofoam, hingga kardus yang tak pernah terpakai lagi bisa kita kategorikan sebagai sampah. 

Selama ini, semua sampah itu cenderung kita buang atau diloakin begitu saja. Kita menganggapnya sebagai sesuatu yang tak bernilai lagi. Padahal, segala macam sampah itu bisa kita rombak ulang menjadi sesuatu yang lucu, unik, hingga bernilai jual lho! 

Coba kamu cek daftar di bawah ini. Di sini ada berbagai hal-hal seru yang bisa kita lakukan dengan sampah yang bertumpuk di rumah kita. Ya inilah sebagian tips kecil yang bisa kita lakuin dengan sampah, sekaligus ngebantu para pekerja di TPA sana agar kerjaannya berkurang sedikit. Check this out!


1. KARDUS
Dengan tambahan lem dan kertas kado, kardus bekas di rumah yang tidak menarik itu bisa kita sulap menjadi kotak penyimpanan barang yang lucu dan unik. Pertama -tama, pilih sesuka hati motif dan warna kertas kado yang kamu suka. Kalau sudah, lapisi kardus yang tidak terpakai itu dengan kertas kado pilihanmu. Untuk merekatkannya, gunakan saja lem kertas atau mungkin selotip. Selanjutnya, dalam sekejap kardus yang tidak terpakai bisa menjadi hiasan meja yang unik dan menarik.

2. KERTAS DAN KORAN BEKAS
Hanya bermodalkan kertas ataupun koran bekas, kamu bisa membuat tempat atau wadah alat tulis untuk ditaruh di meja belajarmu. Sangat mudah! Tumpuk kertas hingga setebal kurang lebih 1cm, kemudian gulung tumpukan kertas itu dan rekatkan kedua ujungnya. Buat beberapa gulungan kertas seperti itu, lalu rekatkan satu gulungan dengan gulungan lainnya. Kamu bisa merekatkan gulungan kertas itu hingga berbentuk seperti bunga atau sekadar disusun keatas hingga sekitar 5 tumpukan. Jangan lupa untuk menghiasnya sesuai seleramu! 


3. MAJALAH LAMA
Kalian pasti tidak asing lagi dengan meronce. Yup, salah satu kerajinan tangan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk membuatnya. Lewat teknik ini, kamu bisa membuat tirai unik untuk digantungkan di depan pintu kamarmu atau untuk sekedar menghiasi jendela kamarmu. Hanya perlu meronce menggunakan halaman-halaman yang colourful dari majalahmu, lalu menyambungkan satu ronce dengan ronce lainnya menggunakan seutas tali senar, maka kamu telah menciptakan tirai cantik yang enak dipandang mata.Selamat meronce...

4. BOTOL BELING BEKAS SELAI
Buat kamu yang hobi membuat bintang dari kertas bintang, coba deh ribet sedikit dengan membuat bintang menggunakan kertas majalah. Memang kamu perlu mengukur dan menggunting kertasnya satu persatu, tapi lebih irit dari pada beli kertas bintang kan? After the stars are ready, cari botol bekas selai di dapur yang sudah tak terpakai lagi. Put your stars into the bottle and voila! Jadi deh, hiasan manis untuk meja rias yang ada kamarmu. Tentunya karya sendiri lebih membanggakanmu daripada hiasan meja yang kamu beli di tempat lain, bukan ? 

5. BOTOL PLASTIK BEKAS
Ini dia salah satu sampah yang paling banyak dihasilkan oleh manusia, botol plastik bekas. Banyak orang melihat sampah ini sebagai benda yang tidak akan bisa menjadi menarik bagaimana pun kita merombaknya, namun semua itu salah. Cukup menggunakan sehelai kain flanel berukuran sekitar 25 x 25 cm dan alat jahit, kamu bisa menyulapnya menjadi tempat alat tulis cantik yang mudah dibawa kemana-mana.
Pertama, potong botol plastik hingga kira – kira ¾ bagian saja yang tersisa. Potong pula kain flanel hingga bisa menyelubungi potongan ¾ bagian botol tersebut, kemudian jahit kain flanelnya. Jangan lupa untuk membuat pula penyelubung alas botol. Bila ingin kain flanel melekat lebih kuat, kamu bisa menjahit bibir botol dengan kain flanelnya. Hias pula dengan pernak - pernik menarik seperti manik-manik dan pita berwarna di sekeliling botol. Selamat mencoba ...


So after all of these, what are you waiting for?! Go and grab your trashes fast! Turn it into something cute!

0 komentar:

Posting Komentar